Ekonomi Kreatif Indonesia Terbaik Ketiga di Dunia

October 8, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara  ekonomi kreatif terbaik di dunia, setelah  Amerika Serikat dan Korea Selatan.

“Ekonomi kreatif kita terbaik ketiga di dunia, nomor satunya Amerika Serikat dan urutan kedua Korea Selatan,” kata Sandiaga pada kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (8/10/2023).

Ia  menjelaskan ada tiga subsektor yang berkontribusi besar pada ekonomi kreatif di Indonesia yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. Di samping itu, industri musik dan film dalam negeri pun berpeluang menjadi salah satu sektor yang dapat berkembang pesat selama beberapa tahun ke depan.

“Kita bisa melewati Korea dengan ekonomi kreatif. Ada tiga subsektor utama yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. Tapi kita harapkan juga musik dan film,” ujarnya.

Bidang ekonomi kreatif, lanjutnya, bisa menekan angka pengangguran di Indonesia karena sudah menciptakan 24 juta lapangan pekerjaan. Capaian positif lainnya dari sektor ini, yakni turut mendongkrak perekonomian dalam negeri.

“Untuk produk domestik bruto (PDB) sekitar 8 persen kontribusi dari ekonomi kreatif, salah satu yang tertinggi. Kunjungan wisata sudah lebih di atas 20 persen dari target batas atas,” ujar dia. (ANTARA)

No Comments

    Leave a Reply