Kemenhub Rencanakan Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya  

October 8, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya sudah masuk cetak biru perencanaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menhub mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) jauh sebelum pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah memerintahkan Kementerian Perhubungan untuk membuat cetak biru rancangan Kereta Cepat Bandung-Surabaya.

“Kami diperintahkan untuk membuat ‘blue print’ dari Bandung sampai ke Surabaya. Tentu, apa yang kami buat adalah satu konsep yang meneruskan apa yang sudah kami letakkan pada dasar transformasi dari kereta cepat,” kata Menhub di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/10/2023).

Ia menyatakan pemerintah telah membuktikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa terealisasi. Untuk itu, Kemenhub  membuat  mapping  atau rancangan dengan variabel-variabel tertentu yang membuat kereta api nanti lebih efisien.

“Bayangkan Jakarta-Surabaya ditempuh selama 3,5 jam,” ujarnya.

Menurut dia, variabel perhitungan itu salah satunya terkait dengan biaya. Perhitungan biaya ini memperhatikan jalur atau jalan mana saja yang akan dilalui oleh kereta cepat.

No Comments

    Leave a Reply