Arsjad Rasjid Tegaskan Kadin Tidak Berpolitik

October 3, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menegaskan Kadin adalah organisasi pengusaha yang bersikap netral dan tidak mengambil posisi apa pun dalam politik nasional.

“Yang penting sekali, saya mau katakan bahwa Kadin itu tidak berpolitik. Kadin tidak akan ambil posisi. Kadin itu netral. Kadin itu netral. Kadin Indonesia, Kadin Provinsi, dan seluruh Kadin sampai Kabupaten/Kota itu semuanya netral,” kata Arsjad saat diwawancara melalui podcast Akbar Faizal Uncensored, yang dipantau Selasa (3/10/2023).

Saat dipilih sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Arsjad sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2021-2026 memutuskan untuk cuti dari posisinya itu. Ia juga mengambil unpaid leave dari posisinya sebagai direktur utama di perusahaan tempat ia bekerja.

Dikatakan, setiap individu memiliki hak pribadi yang harus dihormati.

“Hak pribadi itu kan punya sendiri-sendiri. Silakan. Namun jangan membawa nama organisasi. Tidak boleh. Makanya saya mengangkat pelaksana harian untuk saya mengambil nonaktif selama berhalangan hadir sampai nanti 6-8 bulan kedepan,”jelas Arsjad.

Seperti diberitakan, Ganjar Pranowo adalah calon presiden yang akan berlaga pada Pilpres 2024 mendatang. Ganjar Pranowo diusung koalisi partai politik terdiri atas PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Arsjad mengaku telah mengumpulkan seluruh jajaran pengurus harian dan pimpinan Kadinda mengenai keputusannya berhalangan sementara selama 6-8 bulan dari kepengurusan Kadin Indonesia.

“Saya mengangkat pelaksana harian. Ini penting bahwa saya tidak mau Kadin dinodai dengan politik,” kata Arsjad.

No Comments

    Leave a Reply