Presiden Jokowi: Dunia Seharusnya Seperti Sebuah Keluarga, Memiliki Tujuan Bersama

September 10, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)  berharap  dunia seharusnya seperti sebuah  keluarga besar yang memiliki tujuan bersama untuk membangun dan menciptakan kehidupan yang damai.

Harapan itu disampaikan Kepala Negara saat berpidato pada  sesi kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India  di Bharat Mandapam International Exhibition-Convention Centre (IECC), Pragati Maidan, New Delhi, India,  Sabtu (9/9/2023).

“Saya setuju, jika dunia ini layaknya sebuah  keluarga besar. Namun, keluarga yang Indonesia harapkan adalah keluarga yang saling membangun, saling peduli, dan memiliki satu tujuan bersama,  yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan makmur,” kata Kepala Negara.

Ia mengatakan,  terdapat sejumlah hal untuk mewujudkan tujuan tersebut, di antaranya adalah dengan menciptakan stabilitas global salah satunya dengan menghentikan perang.

“Kita harus hentikan perang, berpegang teguh pada hukum internasional, dan bahu-membahu wujudkan inklusifitas,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia terus mendorong ASEAN untuk menjadi jangkar stabilitas kawasan di Indo-Pasifik, karena  saat ini dunia membutuhkan safe house.

“Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia terus mendorong ASEAN untuk jadi jangkar stabilitas kawasan yang memiliki habit of dialogue dan habit of cooperation di Indo-Pasifik karena dunia butuh penetral, butuh safe house,” jelasnya.

Hal lainnya yang diangkat adalah upaya  mewujudkan kehidupan yang damai dan makmur adalah dengan menjaga solidaritas antarnegara. Disebutkan, pengkategorian negara yang terkesan mengotak-ngotakkan harus segera diakhiri.

“Kita perlu akhiri dikotomi yang mengotak-ngotakan, utara dan selatan, maju dan berkembang, maupun timur dan barat,” tegasnya.

No Comments

    Leave a Reply