Presiden Jokowi: ASEAN Bukan Arena Rivalitas

September 5, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan,  ASEAN bukan ajang persaingan di tengah situasi dunia yang sedang tidak baik-baik saja  dan tantangan masa depan yang semakin berat sehingga  mengakibatkan perebutan pengaruh oleh kekuatan besar.

Kepala Negara mengungkapkan ASEAN sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan mana pun dan siap bekerja sama dengan siapa pun bagi perdamaian dan kemakmuran.

“Jangan jadikan kapal kami, ASEAN, sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan, tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama untuk menciptakan kemakmuran, menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian, yang tidak hanya bagi kawasan tapi juga bagi dunia,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Sejalan dengan itu, Presiden Jokowi secara khusus  mengajak negara-negara ASEAN untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

“Samudera dunia terlalu luas untuk dilayari seorang diri. Dalam perjalanan kita akan ada kapal-kapal lainnya, kapal-kapal mitra ASEAN. Mari kita bersama mewujudkan kerja sama yang setara dan saling menguntungkan untuk berlayar bersama menuju epicentrum of growth,” tandasnya.

No Comments

    Leave a Reply