Presiden Jokowi Bertolak ke New Delhi, Hadiri KTT G20  

September 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi  Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke New Delhi, India, pada Jumat (8/9/2023). Presiden Jokowi beserta  rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten. 

Selama berada di New Delhi, Presiden Jokowi akan menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain itu, di  Kepala Negara juga diagendakan untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara.

Presiden Jokowi menyebut sejumlah komitmen yang akan dibawa  Indonesia pada KTT G20,  di antaranya mengenai stabilitas dan perdamaian.

“Saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana, menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” kata Presiden Jokowi.

Kolaborasi dan Kerja Sama

Selain itu, Kepala Negara juga menyatakan,  kolaborasi dan kerja sama juga perlu diprioritaskan. Disebutkan,  Indonesia akan berkomitmen untuk terus menyuarakan kepentingan negara berkembang.

“Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan, dan Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya industrial down streaming,” kata dia.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju New Delhi, yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi,  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

No Comments

    Leave a Reply