Bahlil Lahadalia: Alhamdullilah  Pabrik Baterai Mobil Listrik Sudah Beroperasi

September 14, 2023

BRIEF.ID  – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia  mengatakan, pabrik  baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat kini mulai melakukan uji coba produksi.

Alhamdulillah,  dua tahun yang lalu,  tepatnya hari ini,  kita  lakukan groundbreaking  pembangunan pabrik baterai mobil, sel baterai, dan dua tahun kemudian ini sudah jadi. Sekarang produknya sudah ada, sekarang sedang terjadi trial and error, mungkin bulan Maret tahun depan sudah berproduksi,” ujar Bahlil saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pabrik PT HLI Green Power.

Bahlil mengatakan, proses produksi pabrik menerapkan teknologi terbaru LG. Dari lima pabrik milik LG di dunia, pabrik yang menggunakan teknologi terbaru adalah  di Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah  untuk meninjau tahap kedua ekspansi produksi pabrik  sebesar 20 GWh. Apabila  telah rampung  kapasitas produksinya akan meningkat menjadi  30 GWh.

“Ini yang menjadi cita-cita Bapak Presiden yang diarahkan selalu kepada kami menterinya untuk membangun hilirisasi. Jadi apa yang disampaikan Bapak Presiden selama ini, itu bukan hanya omongan-omongan tapi ini adalah bukti nyata dan ini adalah betul-betul memakai teknologi tinggi. Dan nanti yang akan mengoperasikan anak-anak Indonesia karena sudah dikirim lebih dari 100 orang  ke Korea untuk  belajar,” jelas Bahlil.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengecek sejumlah area pabrik, antara lain lini elektroda, lini perakitan, hingga lini pembentukan.

Hadir pada kunjungan itu,  Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia (RI) Lee Sang Deok dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

No Comments

    Leave a Reply