Menteri PUPR: Semua Persiapan G20 Sudah Selesai

October 31, 2022

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, semua penataan dan peningkatan infrastruktur untuk persiapan mendukung KTT G20 tahun ini telah selesai.

“Untuk persiapan G20, semua sudah selesai,” ujar Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Persiapan  meliputi penataan dan peningkatan infrastruktur di Tahura Mangrove Ngurah Rai Bali dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta untuk KTT G20 sudah selesai.  Kementerian PUPR juga telah merampungkan persiapan penataan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk mendukung perhelatan KTT G20.

“Sudah (selesai) semua,” kata Basuki.

Kementerian PUPR, lanjutnya, telah menata  Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang berada di sekitar kawasan Waduk Muara Nusa Dua. Nantinya kawasan ini akan digunakan sebagai showcase mangrove bagi para pimpinan negara dan delegasi yang hadir.

Di samping pekerjaan area persemaian mangrove, lingkup pekerjaan lainnya meliputi pembangunan gerbang masuk, Monumen G20, area plaza, Beji, dan Wantilan. Selanjutnya, jalur tracking mangrove, area penerima (lobby, ticketing, kantor penerima), menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, area parkir di sekitar Waduk Muara, dan penataan Kawasan Parkir Kepala Negara di lahan seluas 2,6 hektare.

Selain itu dilakukan juga peningkatan infrastruktur di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang lingkup pekerjaannya meliputi penataan dan renovasi Tirta Amertha, penataan entrance gate 3, pelandaian ramp menuju Festival Park, parkir VVIP, akses baru Jalan Indraloka, jalan Lingkar Timur, jalan Lingkar Barat, serta jalan akses menuju Parkir A GWK.

Dukungan infrastruktur lainnya meliputi peningkatan jalan Sp. Siligita – Kempinski dan showcase mangrove sepanjang 6,5 km.

Kementerian PUPR juga telah merenovasi infrastruktur serta sarana prasarana di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta menjelang persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR terhadap kawasan TMII meliputi beberapa jenis pekerjaan. Mulai dari penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno. Kemudian, renovasi area museum yang meliputi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply