Sidang Umum AIPA ke-44,Presiden Jokowi: ASEAN Jangan Lengah dan Terlena

August 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Sidang Umum Ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Sidang yang akan berlangsung hingga 9 Agustus 2023 dihadiri Ketua DPR RI yang  juga Presiden AIPA Tahun 2023 Puan Maharani, pimpinan parlemen negara-negara ASEAN, dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Selamat datang di Jakarta, the headquarters of  ASEAN. Suatu kehormatan bagi saya bisa hadir di pertemuan hari ini. Parlemen adalah keterwakilan suara rakyat. Parlemen adalah cermin keterwakilan suara rakyat,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pembukaan Piagam ASEAN dimulai dengan kata we the peoples yang berarti aspirasi rakyat ASEAN harus dikedepankan. Kepentingan rakyat ASEAN, lanjutnya, juga harus diperjuangkan.

“Sudah 56 tahun ASEAN berkontribusi besar bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan. Namun, kita tidak boleh lengah apalagi terlena. Perdamaian dan stabiliats kawasan tidak bisa datang dengan sendirinya,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, perdamain dan stabilitas kawasan harus diupayakan, bahkan diperjuangkan. Sebab itu, ASEAN harus bekerja sama secara erat dan saling percaya untuk menjadi lokomotif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

“Sikap saling percaya dan soliditas ASEAN sangat penting. soliditas antar pemerintah anggota ASEAN, antar parlemen anggota ASEAN, dan  pemangku kepentingan lainnya. Jika ASEAN solid,  maka ASEAN dapat memainkan peran sentralnya, dan ASEAN dapat terus relevan,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply