Presiden Jokowi Tekankan Komitmen Kerja Sama RI-Kenya

August 21, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan,  Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dengan  Kenya, karena kedua negara memiliki kedekatan historis sejak lama.

“Kenya dan Indonesia miliki kedekatan historis sejak KAA (Konferensi Asia Afrika) di Bandung, tahun 1955 dan Gerakan Non-Blok 1961,” kata Presiden Jokowi usai pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya,  Senin (21/8/2023).

Disebutkan, pada kunjungan ke Kenya, Presiden membawa semangat untuk memperkuat kerja sama antarnegara selatan global seperti saat Konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan di Bandung pada tahun 1955.

“Spirit ‘Bandung’ inilah yang saya bawa ke Kenya, spirit untuk memperkokoh kerja sama antara negara-negara the global south,” katanya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memaparkan bahwa hubungan antara Indonesia dan Kenya terus makin erat melalui politik luar negeri Indonesia yang memberikan perhatian khusus terhadap kawasan Afrika dalam sembilan tahun terakhir.

“Indonesia juga terus berkomitmen untuk perkuat kerja sama dengan Kenya,” kata Presiden Jokowi.

Hadir dalam pertemuan, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Kenya Mohamad Hery Saripudin.

No Comments

    Leave a Reply