Pembangunan IKN, Proyek Terbesar di Dunia

August 9, 2023

BRIEF.ID –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur adalah proyek terbesar  di dunia saat ini.

“Di dunia sekarang ini proyek terbesar yang ada itu hanya satu, yaitu di Indonesia. Namanya  Ibu Kota Negara,  Nusantara,” kata Presiden Jokowi  saat berpidato pada pembukaan  Musyawarah Nasional Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Presiden Jokowi mengungkapkan, Pemerintah Indonesia berani membuka sentra-sentra ekonomi baru dengan membangun IKN di Pulau Kalimantan. Saat ini, terdapat 34.000 hektare lahan di IKN yang sudah bisa dibeli.  

“Sebanyak 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Nggak ada gratisan di sana. Harganya berapa? tanya ke pak Kepala Otorita IKN. Ini peluang, ini peluang,” kata dia.  

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17% (year on year/yoy) pada kuartal II 2023,  menandakan, Indonesia terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5% selama tujuh kuartal berturut-turut.

Disebutkan, di antara negara-negara dan kawasan anggota Group of Twenty (G20), hanya Indonesia, India, dan Republik Rakyat Tiongkok yang  mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 5%.

“Di G20 itu yang tumbuh, negara-negara G20 yang tumbuh di atas 5% itu hanya Indonesia, India, dan RRT,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak  REI berkolaborasi dengan pemerintah untuk membantu rakyat kecil  memiliki hunian yang sehat dan layak. Pembangunan rumah atau jenis properti lainnya, kata dia, harus memperhatikan dampak sosial dan lingkungan.

“Ini penting. Jangan sampai setelah ada pembangunan sebuah kawasan perumahan, misalnya kampung di dekatnya, air sumurnya kering, area kampungnya jadi banjir. Tolong betul-betul dilihat hal-hal ini, tempat sampahnya juga tolong disiapkan di kawasan-kawasan perumahan,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply