Eight Festival and Forum 2023, Sandiaga Uno Optimistis Transaksi Ekonomi Tembus Rp 50 Miliar

August 24, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis transaksi ekonomi pada ajang Makassar International Eight Festival and Forum (F8) Tahun 2023  menembus angka Rp 50 miliar.

Nilai transaksi akan meningkat signifikan didukung pergerakan ekonomi terus meningkat.

“Nilai transaksinya  F8, menurut saya akan ada peningkatan signifikan. Kalau kita mencapai Rp50 miliar lebih itu sudah merupakan suatu prestasi,” kata Sandiaga usai membuka Makassar International Eight Festival and Forum di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan,  Rabu (23/8/2023) malam.

Disebutkan bahwa pada Tahun 2022, F8 mencatatkan transaksi sebesar Rp 40,5 miliar atau meningkat pesat dari gelaran F8 2019, yang Rp 8,9 miliar. F8 Makassar yang akan digelar selama lima hari pada 23-27 Agustus 2023 menjadwalkan berbagai ajang seni dan budaya. Sesuai dengan nama kegiatan yang dimulai dari delapan huruf F yakni food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

Pada F8 2023,  panitia penyelenggara memungut biaya sebesar Rp 20 ribu per orang untuk  mengakses berbagai hiburan yang disajikan pada agenda F8. Sejumlah penyanyi dan band ternama ibu kota akan mengisi F8, seperti Cokelat, Maliq d’esensial, dan Slank.

Sandiaga juga memuji kapal Phinisi yang sempat menjadi lokasi makan malamnya bersama sejumlah tamu undangan di F8.

“Phinisi jadi daya tarik yang sangat sensasional. Ini sudah jadi legenda dunia, di Labuan Bajo sudah menjadi lived on board,” urainya.

Selain itu, sejarah kapal phinisi yang telah mengarungi tujuh samudera dinilai menjadi kekuatan dan daya tarik, bukan hanya di Makassar, tetapi juga di Indonesia.

“Phinisi bukan hanya daya tarik di Sulawesi Selatan, tetapi di seluruh Indonesia, mengadopsi Phinisi sebagai wahana atraksi,” ujar dia. (antara)

No Comments

    Leave a Reply