Wapres: Pemerintah Serius Membangun Tanah Papua

July 16, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan komitmen kuat pemerintah untuk membangun Tanah Papua.  Cita-cita  pemerintah adalah ingin membangun Papua yang cerdas, sehat, sejahtera, dan berintegritas.

Wapres selaku Ketua BP3OKP menginginkan agar pembangunan Papua terarah dan sesuai dengan aspirasi masyarakat.

“Perlu saya jelaskan bahwa pemerintah pusat punya komitmen yang kuat untuk membangun kesejahteraan di Papua,” ujar Wapres saat bersilaturahmi dengan para tokoh agama, adat, dan masyarakat Papua Barat Daya di Sorong, Papua Barat, Minggu (16/7/2023).

Wapres menyebutkan, salah satu komitmen kuat pemerintah adalah pemberian dana otonomi khusus dan membangun daerah otonomi baru (DOB) di Papua untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi, otonomi baru itu untuk lebih memberikan pelayanan, untuk lebih dekat kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah telah membentuk Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) untuk mengarahkan agar dana otsus tepat sasaran.

“Sekarang supaya lebih terarah, dilakukan pengawasan di lapangan untuk evaluasi, dan disiapkan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua, RIPPP,” katanya.

RIPPP disusun berdasarkan usulan-usulan dari bawah dalam proses untuk menyusun program seperti apa yang dibutuhkan Papua. Wapres  dalam beberapa kali kunjungan ke Papua senantiasa menyerap usulan dari berbagai elemen di Papua untuk bisa dimasukkan dalam RIPPP.

“Supaya saya bisa melihat atau menandai mana yang, dalam bahasa saya, mana  persoalan yang harus  diselesaikan. Jadi, jangan sampai yang gatal di mana, yang digaruk tempat lain. Artinya tidak sesuai dengan yang menjadi persoalan,” kata dia.

“Selain kerja keras, harus membangun keutuhan, bekerja sama, harmoni, serta saling menopang dan menunjang seperti satu bangunan,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply