Jemaah Haji Indonesia, Menag: Cuaca di Arab Saudi Sangat Panas,  Jaga Kesehatan

May 8, 2024

BRIEF.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau para jemaah haji Indonesia agar menjaga kesehatan, seiring  suhu udara  di Tanah Suci yang sangat panas.

“Cuaca sangat panas, mencapai 40 derajat Celcius. Ini belum pada puncaknya.  Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi juga menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi,  pada puncak ibadah haji bisa berkisar  48 hingga 50 derajat Celcius,” kata Menag  di Mekah, Arab Saudi, yang dikutip Rabu (8/5/2024).

Menag berada di Tanah Suci dalam rangka melakukan pengecekan akhir berbagai persiapan penyambutan jemaah haji Indonesia, mulai dari hotel, bus, dan katering di Mekah. Rencananya, pemerintah mulai memberangkatkan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi, pada 12 Mei 2024.  

“Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji adalah ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlau diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah  menjaga stamina,” ujar dia.

Jemaah haji, lanjutnya, tidak perlu khawatir sebab Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Agama (Kemenkes) sudah menyiapkan para petugas  yang siap melayani jemaah selama 24 jam.

“Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah,” sambungnya.

Sejumlah ikhtiar menjaga kesehatan jemaah haji telah dilakukan Kemenag untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Kemenag telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji.

Selain itu, Kemenag juga telah merilis Senam Haji, yang berupa gerakan sederhana yang diciptakan  para pakar senam sehat  profesional  untuk  seluruh jemaah haji Indonesia, termasuk para lanjut usia.

No Comments

    Leave a Reply