Uji Coba Operasional Terbatas LRT, Menhub Optimistis Sistem Operasi dan Pelayanan LRT Makin Baik

July 12, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba operasional terbatas Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan kesiapan sistem operasi.

“Uji coba ini akan terus dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan kesiapan sistem operasi. Semoga nanti di tanggal 27 Juli saat melibatkan masyarakat umum, sistem operasinya sudah semakin matang dan pelayanannya semakin meningkat,” kata Menhub usai  menghadiri uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023).

Pada kesempatan itu, Menhub menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. LRT Jabodebek mulai Rabu ini melakukan uji coba operasional terbatas dengan penumpang.

Serangkaian uji coba akan dilakukan secara bertahap hingga nantinya siap beroperasi komersial pada 18 Agustus 2023. Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Sangat Dinantikan

Menhub mengatakan, kehadiran layanan LRT Jabodebek sudah sangat dinanti-nantikan masyarakat di Jakarta maupun di kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sekitarnya karena mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke kota penyangga maupun sebaliknya.

“Saat ini, masyarakat yang mau mendaftar untuk mencoba LRT Jabodebek sudah puluhan ribu,” kata Menhub.

Ia  meminta dukungan  pemerintah daerah untuk mengoptimalkan integrasi antarmoda dengan moda lainnya seperti TransJakarta, angkutan kota, KRL, dan moda lainnya.

Menurutnya, integrasi antarmoda yang baik akan semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek baik dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Sementara itu,  Dirut PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo menjelaskan uji coba itu akan dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan yang harus dilakukan sebelum nantinya beroperasi secara komersial.

Ia mengungkapkan pada uji coba tahap pertama akan ada 22 perjalanan kereta per hari. Sedangkan pada uji coba tahap kedua akan ada 434 perjalanan kereta per hari, di mana enam perjalanan di antaranya akan mengangkut penumpang yang telah mendaftar.

“Melalui uji coba ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penumpang serta uji coba sistem ticketing, integrasi antarmoda, aksesibilitas, dan pengaturan parkir di area stasiun,” kata Didiek.

Nantinya LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari pada hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.

No Comments

    Leave a Reply