Pendidikan Vokasi Kunci Menghadapi Bonus Demografi

July 12, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum  Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia  Arsjad Rasjid mengatakan, pendidikan vokasi merupakan salah satu kunci untuk menghadapi bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia, pada tahun 2032.

“Kunci menghadapi bonus demografi  adalah pendidikan vokasi,” kata Arsjad saat memberikan kuliah umum bertajuk “Generasi muda pengusaha: Potret Masa Depan Indonesia” di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, Rabu (12/7/2023).

Arsjad mengatakan, untuk mengimplementasikan pendidikan vokasi, perguruan tinggi memiliki peran penting. Sebab, kampus harus bisa memastikan setiap mahasiswa memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya.

Dikatakan,  penting bagi perguruan tinggi untuk membekali mahasiswa dengan keahlian yang cocok dengan dirinya. Jika hal itu diimplementasikan, diyakini bonus demografi akan menjadi kekuatan besar bagi Indonesia.

“Jadi pelajar atau mahasiswa harus dibekali dengan keahlian yang cocok baginya di masa depan,” kata dia.

Menurut Arsjad,  dalam menghadapi bonus demografi dan mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045, pemerintah juga perlu memerhatikan tenaga kerja terutama buruh.

“Para tenaga kerja  di Tanah Air juga harus diberikan reskilling dan upskilling,” ujarnya.

Apabila langkah-langkah tersebut tidak dilakukan maka bonus demografi yang seharusnya menjadi kekuatan bagi pertumbuhan perekonomian nasional justru bisa menjadi kerugian besar. Bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada tahun 2032 harus betul-betul disiapkan terhadap kelompok usia produktif agar memiliki pengetahuan dan keahlian khusus.

Ia menambahkan di era industri 4.0 semua elemen masyarakat harus siap bersaing dengan pihak manapun termasuk  negara-negara luar. Jika tidak, maka yang terjadi ialah evolusi sosial. (antara/nov)

No Comments

    Leave a Reply