Presiden  Gelar Ratas Bahas Peningkatan Produksi dan Hilirisasi Produk Pangan

July 10, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas yang membahas peningkatan produksi dan hilirisasi produk pangan, bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju,  Senin (10/7/2023) di Istana Merdeka, Jakarta.

“Yang dibicarakan adalah terkait El Nino, kemudian  mempersiapkan peningkatan produksi, khususnya produksi pertanian pangan. Dan,  yang berikutnya lagi adalah untuk hilirisasi dari pangan tersebut,” kata 

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya mengatakan bahwa rapat tersebut membahas sejumlah hal terkait pangan, mulai dari El Nino hingga hilirisasi pangan.

Terkait pangan, Arief mengatakan bahwa pemerintah telah mengatur pembagian tugas terkait sejumlah bidang pangan. Perum Bulog ditugaskan untuk mengatur beras, jagung, dan kedelai. Sedangkan produk lainnya yang terdapat dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional akan diatur oleh BUMN bidang pangan, yaitu ID Food.

Selain itu, ratas juga membahas terkait skema pendanaan murah yang sedang disiapkan oleh Kementerian Keuangan. Arief menyebut bahwa skema pendanaan tersebut nantinya akan diberikan dalam bentuk pinjaman.

“Ada penjaminan dari Menteri Keuangan kemudian akan diberikan kepada Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Himbara memberikan kepada BUMN di bidang pangan, yang pertama adalah Bulog, yang satunya adalah ID Food,” ungkap Arief.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima, tercatat bahwa inflasi berada di posisi yang stabil yaitu 3,5 persen. Presiden Jokowi pun minta jajarannya untuk mempertahankan atau menurunkan angka inflasi tersebut.

“Sehingga tetap inflasi itu di bawah dari pertumbuhan ekonomi,” tutur Arief.

No Comments

    Leave a Reply