Dewan Pakar Partai Golkar Usulkan Gelar Munaslub

July 10, 2023

BRIEF.ID – Dewan Pakar Partai Golkar menggelar rapat internal di kediaman Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Minggu (9/7/2023). Anggota Dewan Pakar Ridwan Hisjam menyebut rapat ini hendak memberikan sejumlah rekomendasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mengutip Tempo.co, Senin (10/7/2023), disebutkan bahwa salah satu agenda rapat adalah mengevaluasi ihwal pencapresan ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut, Airlangga Hartarto. Pada musyawarah nasional Golkar 2019, Airlangga didapuk sebagai calon presiden usungan partai.

Revisi pencapresan Airlangga disebut Ridwan akan dilakukan melalui musyawarah nasional luar biasa alias munaslub. Tak hanya pencapresan, Ridwan menyebut peluang pergantian ketua umum bisa turut terjadi dalam munaslub.

“Jadi munaslub dalam rangka mengubah keputusan bahwa Airlangga bukan capres, bisa calon lain. Tapi berpeluang juga karena munaslub maka pergantian Ketum bisa mengarah ke sana, tergantung pemilik suara,” kata Ridwan.

Singgung elektabilitas Airlangga yang tak sampai 1%

Ridwan menyatakan keputusan Munas 2019 lalu tidak membawa kejelasan terhadap arah partai berlambang pohon beringin itu. Pasalnya, menurut dia, elektabilitas Airlangga Hartarto sejak diusung jadi capres hingga saat ini tidak sampai 1%.

“Saya minta Dewan Pakar harus membuat rekomendasi. Meskipun ini sudah terlambat, tapi harus dikeluarkan,” kata dia.

Ridwan mengakui jika pada tahun lalu, Golkar menjalin kerja sama dengan Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan dalam Koalisi Indonesia Bersatu untuk menghadapi Pilpres 2024. Namun, kata dia, KIB juga tak kunjung mengumumkan capres maupun cawapres.

Adapun PPP telah mendeklarasikan dukungannya kepada valon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Ganjar Pranowo. Partai kabah itu juga meneken kerja sama politik dengan PDI Perjuangan untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Belum jelas arahnya KIB itu. Ada yang sudah mendukung yang lain, ada yang masih belum, ada yang masih menunggu. Nah ini kita akan evaluasi,” kata Ridwan.

Berbagai lembaga survei memang menyatakan bahwa elektabilitas Airlangga Hartarto tidak cukup kuat untuk bertarung pada Pilpres 2024. Elektabilitas pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian itu bahkan kalah dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam pertarungan untuk memperebutkan kursi cawapres. Ridwan Kamil baru bergabung dengan Golkar pada tahun lalu.

No Comments

    Leave a Reply