Pengamat: Ganjar Pranowo Memiliki Karakter Seperti Presiden Jokowi

July 16, 2023

BRIEF.ID – Pengamat Politik Pertahanan Kusnanto Anggoro menilai salah satu keunggulan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo adalah memiliki karakter seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu yang membuat kelompok milenial kampus menilai Ganjar Pranowo sebagai capres ideal.

“Menurut saya, keunggulan Ganjar lebih karakternya yang hampir mendekati Presiden Jokowi,” kata Kusnanto seperti dilansir Antara, Minggu (16/7/2023).

Kusnanto mengatakan, kelebihan Ganjar Pranowo adalah memiliki pengalaman sebagai politisi saat bekerja di DPR dan kepala daerah.

“Meski Anies juga berangkat dari latar yang sama, tetapi hasil survei dari kalangan kritis kampus ini memperlihatkan realitas yang berbeda. Begitu pula Prabowo Subianto yang bisa dipahami oleh sebab pengalamannya belum begitu teruji sebagai kepala daerah,” ujarnya.

Kendati demikian, kondisi ini masih sangat dinamis dan selisihnya juga diperkirakan tak berbeda jauh dengan survei-survei lainnya.

“Tetapi, hal menarik adalah indikator yang disajikan oleh LPI berbeda dengan riset mengenai preferensi dukungan dari lembaga survei lainnya,” tutur Kusnanto.

Sementara itu, Dewan Pakar The Habibie Center Indria Samego melihat elektabilitas para capres masih dinamis dan belum ada kepastian.  Ia berharap siapa pun yang terpilih harus melanjutkan pembangunan era Jokowi dan melakukan perbaikan sehingga tidak perlu melakukan dikotomi antara diksi keberlanjutan dan perbaikan.

“Siapa pun terpilih, secara demokratis bisa diterima dan secara politis tidak ada pihak yang terlalu dirugikan. Yang terpenting, di dalamnya harus ada kelanjutan dan perbaikan,” kata Indria.

No Comments

    Leave a Reply