PPIH Operasikan Bus Shalawat Antar Jemaah, dari Hotel ke Masjidil Haram

June 4, 2023

BRIEF.ID –  Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi  menyiapkan layanan bus shalawat, yang akan mengantar jemaah dari hotel di Makkah menuju Masjidil Haram, pergi pulang. Layanan shuttle bus yang beroperasi selama 24 jam,  memudahkan jemaah dalam menjalani ibadah. Tahun ini, bus shawalat yang melayani jemaah di Mekkah berwarnan hijau dan kuning.  

“Ada lima rute bus shalawat di Makkah sesuai wilayah hotel jemaah dengan tiga terminal, yaitu Terminal Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad,” kata Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan, PPIH Daker Mekkah Edayanti Dasril, mengutip  laman resmi Kementerian Agama RI, Minggu (4/6/2023).

Ia mengatakan, rute pertama yang meliputi Mahbas Jin – Bab Ali adalah  rute bersama. Setiap negara yang jemaahnya melalui rute ini wajib menyiapkan bus sehingga setiap bus yang melintasi  jalur ini dapat  digunakan seluruh jemaah haji dari berbagai negara.

Kedua, rute Syisyah – Syib Amir. Ketiga, rute Raudhah – Syieb Amir. Keempat, rute Jarwal – Syieb Amir. Kelima, rute Misfalah – Jiad.

Di setiap bus dipasang stiker dengan desain dan warna yang berbeda sehingga jamaah dapat dengan mudah mengidentifikasi kendaraan yang akan digunakan.

“Stiker yang dipasang  berisi informasi rute, nomor rute, dan warna rute.  Format  ini juga  untuk memudahkan jemaah. Jika ada jemaah yang tidak bisa membaca tulisan rute dan hanya dapat mengingat nomor atau warna,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply