Pemerintah Datangkan 70 Ton Bumbu Indonesia ke Arab Saudi

May 8, 2024

BRIEF.ID – Pemerintah  mendatangkan sebanyak 70 ton dari 200 ton kebutuhan produk bumbu asal Indonesia untuk  menyediakan katering bercita rasa Nusantara bagi para jemaah, pada musim haji tahun 2024.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan hal itu saat mengunjungi  dapur penyedia katering jemaah haji di Mekah, yaitu  Dapur  Rayat Al Motahedon di Al Syawqiyah. Dapur ini  akan menyiapkan katering untuk 4.065 jemaah setiap harinya.

“Ada 70 ton lebih dari total kebutuhan  200 ton bumbu. Kami libatkan UMKM. Tahun lalu hanya 15 ton. Sekarang Jadi jauh lebih baik.  Saya sore ini, ke salah satu dapur katering jemaah. Kita lihat dapurnya representatif, besar, luas, dan bersih. Kecukupan bahan makanan kita tanyakan dan mereka meyakinkan,” kata Menag  di Mekah, Arab Saudi, Selasa (7/5/2024).

Selain sarana memasak, Menag  juga mengecek kesiapan bahan makanan, proses kerja dapur, sanitasi, dan  tempat penyimpanan bahan makanan.

Pada keempatan itu, Menag juga  berdialog dengan salah seorang juru masak beserta  dua asistennya yang berasal dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Bandung (Jawa Barat).  

“Dapur siap beri layanan konsumsi. Kita cek kesiapan armada yang akan mengantar makanan juga sudah siap. Semoga nanti bisa beri layanan terbaik ke jemaah,” kata Menag.

No Comments

    Leave a Reply