Bapanas Gandeng Perumda Dharma Jaya Gelar Operasi Pasar Ayam Murah

June 27, 2023

BRIEF.ID –  Badan Pangan Nasional (BPN) bersama Perumda Dharma Jaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI dalam waktu dekat akan menggelar operasi pasar ayam murah di sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

“Mulai tanggal  28 Juni 2023, Badan Pangan Nasional, Perumda Dharma Jaya, dan Dinas KPKP akan melakukan operasi pasar di lokasi-lokasi yang telah ditetapkan untuk menjual daging ayam

dengan harga relatif murah,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono   usai melepas petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Dharma Jaya, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (27/6/2023).

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan,  akan menggelar operasi pasar selama tiga hari atau  seminggu untuk menjual harga ayam murah bagi masyarakat Jakarta.

“Dinas KPKP DKI akan menyiapkan lokasi di kelurahan kelurahan yang ada di Jakarta untuk menggelar operasi pasar,” ujarnya.

Harga ayam yang akan dijual itu  di bawah Rp36.000/kilogram.

“Jadi, masyarakat dapat mendapatkan harga ayam yang murah,” kata Arief.

Badan Pangan Nasional, kata dia, telah diinstruksikan  Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menetapkan harga yang wajar di tingkat produsen (peternak) karena harga yang terlalu murah akan merugikan peternak.

“Harga jual di peternak harus wajar. Kita hitung harga pokok produksinya, kemudian harga di pedagang juga wajar,” kata dia.

Arief juga meluruskan adanya temuan harga daging ayam yang mencapai Rp50.000/kilogram saat Presiden Jokowi melakukan sidak ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, pada Senin (26/6/2023).

“Harga daging ayam yang dijual Rp50.000/kg itu jenis ayam filet. Jadi ini mesti diluruskan,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply