Presiden Jokowi Pastikan Persiapan KTT ke-42 ASEAN On The Right Track

April 26, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyatakan, semua persiapan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah on the right track. Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN pada 9-11 Mei 2023.

“Semua persiapan,  baik substansi maupun nonsubstansi  sudah dilakukan pengecekan, pada hari ini secara detail  oleh Bapak Presiden. Dan, per hari ini kita dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu)  Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers  saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi penyelenggaraan KTT  di Labuan Bajo,  Selasa (25/4/2023).

Menlu mengatakan, terkait substansi akan ada delapan pertemuan, dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023. Dari delapan pertemuan itu, lima pertemuan akan digelar pada hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya pada hari kedua.

“Pada hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden. Sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua diantaranya dipimpin oleh Bapak Presiden. Satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini  akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia,” jelas Menlu.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara juga meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan digunakan untuk  kegiatan KTT ke-42 ASEAN. Mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Terkait kesiapan Bandara Komodo, Menlu melaporkan bahwa saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

“Jadi persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi pengecekan dilakukan secara detail,” kata Menlu.

Sedangkan, terkait kesiapan hotel-hotel yang akan digunakan oleh para kepala negara/kepala pemerintahan negara-negara ASEAN, Presiden Jokowi secara khusus menekankan pentingnya kenyamanan bagi para leaders. Presiden Jokowi mengharapkan  penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

“Tentunya, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan  untuk dunia,” ujar Menlu.

Menlu  optimistis keketuaan ASEAN yang kini dipegang  Indonesia dapat berjalan lancar. Ia juga tidak lupa minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi mengucapkan bismillah,  mudah-mudahan gawe besar kita sebagai ketua ASEAN dengan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dapat berjalan  lancar, mohon doanya,” tutur Retno.

Hadir pada peninjauan,   Gubernur NTT Viktor Laiskodat beserta istri, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, serta Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani.

No Comments

    Leave a Reply