KTT ke-42 ASEAN, Menlu Sebut Digelar dalam Dua Format

April 26, 2023

BRIEF.ID – Menteri Luar Negeri (Menlu)  Retno Marsudi menyatakan bahwa ada delapan agenda pertemuan selama penyelenggaraan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.

Disebutkan, dalam pertemuan para kepala negara/kepala pemerintahan, Pemerintah Indonesia selaku Ketua ASEAN menyelenggarakan dalam  dua format, yaitu pleno dan retreat.

“KTT ke-42 ASEAN ada dua format, yakni format pleno dan  retreat,” kata Menlu usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peninjauan lokasi penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Puncak Waringin Labuan Bajo,  Selasa (25/4/2023).

Menlu mengatakan,  tujuh dari delapan pertemuan  nantinya akan dipimpin  Presiden RI Joko Widodo. Beberapa pertemuan utama lainnya, di antaranya  pertemuan para pemimpin ASEAN dengan parlemen, pemuda, bisnis, dan high level task force.

High level task force yang akan persiapkan visi ASEAN 2045,” jelas dia.

Sementara itu,  dua pertemuan lainnya, yaitu Kerja Sama Ekonomi Sub Regional Indonesia Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA), pada tahun ini dipimpin Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim.

“Pemimpin pertemuan  BIMP-EAGA dilakukan secara rotasi dan tahun ini giliran Malaysia,” kata Menlu.

Rangkaian pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN  di Labuan Bajo akan dimulai pada 8 Mei 2023 dengan agenda Senior Official Meeting. Selanjutnya, pertemuan tingkat menteri luar negeri,  pada 9 Mei 2023.

“Puncak KTT itu pada tanggal 10 dan 11 Mei. Kami sedang menghitung hari, tinggal dua minggu. Semua persiapan sudah on the right track, tinggal tambahan sampai hari H,” katanya.

Salah satu lokasi kegiatan KTT ASEAN 2023 adalah Puncak Waringin yang dijadwalkan menjadi tempat Spouse Program bagi pasangan para kepala negara.

“Tadi dicek Bapak Presiden dan Ibu Negara, dengan beberapa arahan mengenai persiapan Spouse Program,” kata Menlu.

No Comments

    Leave a Reply