Jelang Idul Fitri 1444 Hijriah, Mendag Ingatkan Pedagang Tidak Timbun Barang Dagangan

April 6, 2023

BRIEF.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengingatkan  para pedagang  kebutuhan pokok agar tidak menimbun barang dagangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah karena aktivitas mereka diawasi  Satgas Pangan.

Zulkifli dalam Bazar Ramadhan di Gedung Olahraga (GOR) Cengkareng,  Jakarta Barat mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan sudah bekerja sama dengan satuan tugas (Satgas) di bawah naungan Kepolisian untuk memantau para penimbun maupun tengkulak sembako di pasar-pasar.

“Jadi kami mengimbau untuk tidak menimbun sembako pada saat Bulan Ramadhan ini,” kata Mendag  usai membagikan sembako gratis dalam bazar ramadhan di GOR Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Rabu (5/4/2023).

“Jika kami temukan, barang para penimbun akan disita oleh satgas. Kalau mengambil untung yang wajar-wajar saja. Rekayasa harga dengan menimbun barang akan kami amankan dan sita barangnya,” kata Mendag.

Ia juga menambahkan  bahwa Kementerian Perdagangan  bersama  Presiden Joko Widodo telah memantau kestabilan harga komoditas pokok di Pasar Johar Baru dan Pasar Rawamangun.

Disebutkan  harga beras, misalnya sudah turun sebesar Rp300 per kilogram, sedangkan daging berkualitas harganya naik normal sebesar Rp5.000 per kilogram.

“Intinya kita patut syukuri bersama. Harga cabe turun, beras turun, gula stabil, tepung stabil, telur turun, ayam turun, dan daging naik sedikit,” kata Mendag. (antara)

No Comments

    Leave a Reply