Indonesia Raih Komitmen Investasi Rp 30 Triliun di Hannover Messe 2023

April 17, 2023

BRIEF.ID –  Direktur Jenderal (Dirjen) Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eko SA Cahyanto mengatakan, komitmen investasi yang didapat Indonesia sebagai Official Partner Country pada ajang Hannover Messe 2023 mencapai Rp30 triliun atau 200 kali lipat dari target yang ditetapkan.  

“Saat ini, sebelum pembukaan, komitmen investasi sudah mencapai Rp30 triliun atau 200 kali lipat lebih. Sudah melebihi angka yang ditargetkan,” kata Eko ditemui di Hannover, Jerman, Minggu (16/4/2023).

Eko mengatakan, DPR menyetujui anggaran sebesar Rp 140 miliar untuk penyelenggaraan Indonesia sebagai official partner country di ajang Hannover Messe 2023. Kemenperin kemudian membidik target komitmen investasi sebesar 100 kali lipat dari anggaran yang disetujui tersebut atau senilai Rp14 triliun. Dengan demikian, capaian Rp 30 triliun mencapai 214 kali lipat dari target.

Alhamdulillah bisa terpenuhi, karena kampanye kita masif sejak ditetapkan sebagai official partner country Hannover Messe 2023,” jelas Eko.

Disebutkan, sejumlah  upaya yang dilakukan,  yakni konferensi pers, kampanye di berbagai media televisi, cetak, dan online atau daring, diseminasi, hingga promosi media sosial dimana-mana.

“Hal tersebut membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu. Orang yang sudah tahu menjadi yakin dan orang yang yakin kemudian akan mencari mitranya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Kemenperin sebagai pembina industri berupaya untuk menjaga iklim investasi, memastikan kemudahan perizinan, hingga mengawal rencana investasi hingga terimplementasi.

“Selain itu, investasi yang masuk juga akan mempertimbangkan mitra yang ada di dalam negeri. Sesuai dengan Undang-undang tentang Perindustrian, industri kan harus masuk kawasan industri. Dengan begitu industri dipercaya lebih baik,” kata Eko.

Eko optimistis bahwa nilai komitmen investasi  akan semakin meningkat hingga penyelenggaraan Hannover Messe 2023 selesai digelar.

“Target sudah kita capai, lebih dari itu adalah bonus. Semakin pencapaian melebihi target maka akan semakin baik,” kata Eko. (antara)

No Comments

    Leave a Reply