Hari Otonomi Daerah 2023, Wapres: Daerah Harus Makin Mandiri

April 30, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah daerah harus makin mandiri dalam mengelola berbagai persoalan daerah agar makin maju dan dapat mewujudkan Indonesia unggul.

Pernyataan itu disampaikan Wapres melalui video pada  Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 di Jakarta, yang dipantau Minggu (30/4/2023).

Wapres mengungkapkan, tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul” yang diangkat tahun ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat kepada kemandirian daerah.

“Pemerintah daerah harus mampu  meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus  mengapresiasi upaya yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan dalam mengawal penyelenggaraan otonomi daerah.

“Saya mengapresiasi semua pemangku kepentingan, baik di pusat maupun daerah yang selama ini telah mengawal penyelenggaraan otonomi daerah dengan sangat baik,” ujar Wapres.

Pada hari peringatan Otonomi Daerah  bertema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”  Wapres secara khusus meminta kepada para pejabat pemerintah untuk dapat terus melakukan kerja sama dan bersinergi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik.

“Saya meminta para gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus berkolaborasi untuk mengupayakan pelayanan publik yang terbaik,” ujar Wapres.

Ia  juga mengajak para pemangku kepentingan untuk dapat bekerja sama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Mari bersama majukan daerah demi Indonesia unggul, selamat Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023,” dia Wapres.

Otonomi daerah, lanjutnya,  adalah hak, wewenang, dan kewajiban pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

No Comments

    Leave a Reply