Dievakuasi dari Sudan,  385 WNI Tiba di Tanah Air

April 28, 2023

BRIEF.ID – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan,  sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) terdiri atas 248 perempuan, 137 laki-laki, dan di antaranya 43 anak-anak telah tiba di Tanah Air setelah dievakuasi dari Sudan.

Pemulangan  itu adalah  tahap pertama  evakuasi WNI dari Sudan

melalui Jeddah, Arab Saudi. Sebelum dipulangkan ke rumah masing-masing, mereka akan  diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede untuk pemulihan setelah melalui  proses evakuasi yang panjang dan melelahkan.

“Mengingat perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta, mereka akan diinapkan sementara di Asrama Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” kata Menlu saat memberikan keterangan pers bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Menlu  mengatakan, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) bersama Kementerian/Lembaga (K/L) lain  terkait telah menyiapkan layanan mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling.

“Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, dan pemerintah daerah terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing,” kata Menlu.

Rencananya,  proses pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan 29 April 2023, dan tiba di Indonesia 30 April 2023. Pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan pada 30 April 2023 dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU).

Menurut Menlu, saat ini tersisa   111 WNI yang masih berada di Sudan. Mereka akan dipulangkan ke Indonesia menggunakan pola estafet, yaitu dimulai  evakuasi jalan darat dari Khartoum ke Port Sudan, kemudian dari Port Sudan menuju  Jeddah, baik via laut maupun  udara. Dan,  selanjutnya dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

“Per saat ini, tinggal 111 WNI yang masih berada di kota Port Sudan. Hari ini, mereka akan diterbangkan ke Jeddah dengan pesawat TNI AU. Alhamdulillah, pola ini berjalan  lancar dan kita  juga membantu beberapa warga negara asing untuk ikut dalam evakuasi,” kata Menlu.

No Comments

    Leave a Reply