Gubernur BI: Digitalisasi Pembayaran dan Keuangan Jadikan ASEAN Contoh Konektivitas Pembayaran Lintas Batas

March 29, 2023

BRIEF.ID – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan digitalisasi pembayaran dan keuangan akan menjadikan ASEAN memimpin jalan dan menjadi contoh bagi dunia untuk konektivitas pembayaran lintas batas untuk mendukung ekonomi, inklusi keuangan serta dalam membuat kerangka kebijakan dan pengawasannya.

“Inklusi keuangan yang erat dengan UMKM, sebagai skala usaha mayoritas di Negara ASEAN, perlu difasilitasi melalui strategi yang inovatif,” kata Perry saat berpidato pada High-Level Seminar (HLS) yang diselenggarakan BI di Bali, Rabu (28/3/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari side events pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN.

Seminar bertajuk “From ASEAN to the World: Payment System in Digital Era” dan “Innovative Strategy to Further Enhance Financial Inclusion,” merupakan pembahasan tematik berkaitan dengan tiga Priorities Economic Deliverables (PEDs) Keketuaan ASEAN Indonesia.

Dihadapan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara ASEAN, akademisi, pelaku usaha sektor keuangan, dan para asosiasi bisnis, Perry mengungkapkan pentingnya kerangka integrasi digital ASEAN yang mempercepat digitalisasi negara ASEAN, integrasi ekonomi, dan konektivitas pembayaran antarnegara.

Untuk mencapai itu, kata Perry, ada tiga kunci untuk membawa transformasi sistem pembayaran ASEAN sekaligus mengatasi risiko yang meliputinya.

“Pertama, melanjutkan Regional Payment Connectivity (RPC) yang telah disepakati oleh 5 negara ASEAN dan menyambut baik partisipasi negara ASEAN lainnya. Kedua, memperkuat kerangka pengaturan dan pengawasan, khususnya terhadap aset kripto. Dan, ketiga mendorong kerja sama lintas batas untuk meningkatkan efektivitas pengaturan dan pengawasan, memahami implikasi makroekonomi, dan pengembangan infrastruktur pendukungnya,” jelas Perry.

No Comments

    Leave a Reply