Bantuan Mengalir ke Mississippi Pasca Dihantam Badai Tornado  

March 27, 2023

BRIEF.ID – Bantuan mulai mengalir ke salah satu wilayah termiskin di Amerika Serikat (AS)  setelah badai tornado mematikan mengoyak  selama lebih dari satu jam di Negara Bagian Mississippi. Badai  baru yang ganas itu juga melanda Deep South, pada  Minggu (26/3/2023).

Sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan lainnya terluka  saat badai besar melanda lebih dari setengah lusin kota, pada Jumat (24/3/2023) malam. Seorang pria juga tewas di Alabama setelah rumah trailernya terbalik.

“Semua yang bisa saya lihat dalam keadaan hancur,” kata Jarrod Kunze, seorang warga yang berkendara menuju Kota Rolling Fork,  Mississippi.  

Kunze termasuk di antara para sukarelawan yang bekerja pada hari Minggu di area pementasan, tempat air botolan, dan perbekalan lainnya disiapkan untuk didistribusikan. Petugas  pencarian dan pemulihan melanjutkan tugas berat menggali melalui rumah-rumah yang rata dan rusak, bangunan komersial, dan kantor kota setelah ratusan orang mengungsi.

Wali Kota Rolling Fork Eldridge Walker mengatakan, badai menerjang begitu cepat sehingga departemen sheriff di Rolling Fork nyaris  tidak punya waktu untuk membunyikan sirene demi memperingatkan 2.000 warga.

“Dan, pada saat mereka menyalakan sirene, badai telah melanda dan menghancurkan sirene yang terletak tepat di sini. Kota kami hancur,” kata Walker  mengacu pada area yang hanya beberapa blok dari pusat kota.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden telah mengeluarkan deklarasi darurat untuk Negara Bagian Mississippi, pada Minggu pagi. Presiden Biden menyatakan telah  menyediakan dana federal untuk daerah yang paling terpukul.

“Bantuan sedang dalam perjalanan,” kata Gubernur Negara Bagian Mississippi Tate Reeves pada konferensi pers dengan para pemimpin lokal, negara bagian, dan federal.

Upaya pemulihan di Mississippi sedang berlangsung.  Badan  Cuaca Nasional telah memperingatkan risiko baru cuaca yang lebih buruk pada hari Minggu –  termasuk angin kencang, hujan es besar, dan kemungkinan tornado di sejumlah negara bagian seperti  Georgia, Louisiana, Mississippi, dan Alabama.

Tornado mendarat pada Minggu pagi di Troup County, Georgia, dekat perbatasan Alabama, menurut Grup Bantuan Bersama Georgia. Daerah yang terkena dampak termasuk  county LaGrange, sekitar 67 mil (108 kilometer) barat daya Atlanta. (APNews)

No Comments

    Leave a Reply