Tekanan Global Mereda, Ekonomi Indonesia Bangkit Lagi

February 1, 2023

BRIEF.ID –  Presiden  Joko Widodo (Jokowi) bersyukur ekonomi Indonesia bangkit lagi seiring meredanya tekanan global sehingga  apa yang dikhawatirkan banyak pihak tidak terjadi.

“Tadi pagi, saya mendapatkan informasi bahwa tekanan global, tekanan ekonomi global terhadap ekonomi kita sudah agak mereda. Apa yang dulu kita bayang-bayangkan,  kita takutkan,  banyak yang tidak terjadi. Ini patut kita syukuri,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pidato kunci pada Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Darmawan Junaidi.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Mandiri Investment Forum 2023

Presiden Jokowi mengatakan dalam situasi yang terus membaik, seluruh elemen bangsa wajib optimistis dan waspada. Disebutkan dari sisi perbankan, pada tahun 2022   kredit tumbuh 11,3%,  dana pihak ketiga tumbuh 9%, Non-Performing Loan Gross (NPLG)   2,4%.

“Saya bertanya kepada Dirut Bank Mandiri,  kredit tumbuh berapa persen di tahun 2022. Dijawab 14,9%.  Angka 14,9% masih bisa tumbuh dan  laba Bank Mandiri di angka Rp 41,2 triliun. Kadang-kadang saya berpikir ini kok tumbuhnya tinggi banget. Jangan-jangan suku bunganya ketinggian,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan apapun itu, yang harus diapresiasi adalah Bank Mandiri  berhasil  menyalurkan kredit,  pertumbuhannya mencapai  14,9%, dan keuntungan perusahaan di angka Rp 41,2 triliun,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply