Presiden Jokowi: Pemerintah Siapkan Bantuan Kemanusiaan ke Turki

February 7, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan bantuan kemanusiaan untuk dikirim ke Turki.

“Ini sedang disiapkan bantuannya oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Sosial. Disiapkan, lalu segera  dikirim. Secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Seperti diberitakan, lebih dari 4.300 orang meninggal dunia akibat gempa bumi yang mengguncang  Turki dan Suriah,  Senin (6/2) sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Bencana dahsyat itu menjadi salah satu gempa bumi terkuat yang melanda wilayah itu dalam satu abad terakhir, dengan getaran yang terasa hingga ke Lebanon dan Israel.

Dikutip dari CNN, Kepala Dinas Bencana Turki, Yunus Sezer mengatakan sudah tercatat setidaknya 2.921 orang meninggal dunia. “Dan, lebih dari 15.800 lainnya terluka,” kata Yunus.

Sementara itu, kantor berita Suriah, SANA, melansir di negara yang bertetangga dengan Turki tersebut setidaknya 1.451 orang tewas. Di antaranya, 711 orang meninggal dunia di wilayah yang dikuasai pemerintah, sebagian besar di Aleppo, Hama, Latakia, dan Tartus.

Gempa yang melanda kedua negara itu diperkirakan berkekuatan 7,8 SR di pusat gempa yang berada 23 kilometer (14,2 mil) timur Nurdagi, di provinsi Gaziantep Turki. Mengutip United States Geological Survey (USGS), pusat gempa berada pada kedalaman 24,1 kilometer (14,9 mil).

No Comments

    Leave a Reply