Pertumbuhan Ekonomi Singapura Tahun 2022 Terpangkas Menjadi 3,6%

February 13, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah Singapura, hari Senin (13/2/2023) merevisi tingkat pertumbuhan ekonominya untuk tahun 2022 menjadi 3,6%, terjadi penurunan dibandingkan perkiraan sebelumnya sebesar 3,8% di tengah permintaan eksternal yang terus melemah.

Pertumbuhan ekonomi tahun lalu,  jauh di bawah 8,9% yang tercatat pada tahun 2021. Angka itu, terkoreksi dari posisi terendah pada masa pandemi tahun 2020, ditingkatkan dari 7,6%  untuk memperhitungkan pembaruan dan revisi data dari berbagai sumber, demikian menurut Kementerian Perdagangan.

Pertumbuhan   untuk tahun 2022 terjadi sehari sebelum pemerintah menyampaikan laporan anggarannya untuk tahun anggaran 2023. Saat negara-kota itu bergumul melawan kenaikan inflasi, berbagai tindakan bantuan diharapkan dapat meredam dampaknya terhadap rumah tangga setempat.

Di sektor  bisnis, lebih banyak dukungan diantisipasi di berbagai bidang seperti adopsi digital dan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan produktivitas.

Industri jasa dan pariwisata Singapura diharapkan mendapat manfaat dari pembukaan kembali ekonomi Tiongkok. Tetapi sektor manufaktur – yang menyumbang sekitar 20% dari produk domestik bruto (PDB) negara kota itu – menghadapi hambatan yang meningkat karena mitra dagang utamanya, seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa menghadapi  perlambatan pertumbuhan.

Pada  kuartal IV-2022,   tingkat pertumbuhan dipotong menjadi 2,1% dari perkiraan awal sebesar 2,2%, melambat dari klip 4% pada periode Juli-September.

Ke depan, Singapura mempertahankan bahwa pertumbuhan ekonomi akan melambat lebih lanjut tahun ini, antara 0,5% dan 2,5%. Permintaan ekspor terus melemah di tengah kekhawatiran potensi resesi di negara maju. (Nikkei Asia)

No Comments

    Leave a Reply