Menhan: Kerja Sama Militer Indonesia – Singapura Dibangun Berdasarkan Prinsip Kesetaraan

February 27, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, kerja sama militer  Indonesia – Singapura  dibangun selama ini adalah berdasarkan  prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan penghormatan terhadap kedaulatan.

“Kementerian Pertahanan mendukung penuh kerja sama militer yang erat antara Indonesia dan Singapura, yang dibangun dengan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan penghormatan penuh terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan hukum Internasional,” kata Menhan di Jakarta, Senin (27/2/2023).

Hal itu diungkapkan Menhan  saat menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura (Chief of the Defence Force Republic of Singapore) Lt. Gen. Melvyn Ong di Gedung Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut Panglima Angkatan Bersenjata Singapura (Chief of the Defence Force Republic of Singapore) Lt. Gen. Melvyn Ong dalam upacara militer yang digelar di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (27/2/2023).

Pada  pertemuan itu, kedua pemimpin membahas mengenai hubungan kerja sama militer antara Indonesia dan Singapura yang telah terjalin di berbagai bidang dan peningkatannya.

Menhan  optimistis setelah penerapan perjanjian pertahanan atau Defence Cooperation Agreement (DCA) antara Indonesia dan Singapura, interaksi kerja sama pertahanan kedua negara akan semakin signifikan. Hal itu juga akan bermuara pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) pertahanan kedua negara.

Ia  menegaskan Kementerian Pertahanan berkomitmen meningkatkan kerja sama pertahanan Indonesia-Singapura untuk perdamaian di kawasan dan di dunia.

“Diharapkan kerja sama pertahanan kedua negara dapat berkembang lebih signifikan dan saling menguntungkan, sehingga nantinya kerja sama ini dapat memberikan kontribusi bagi stabilitas kawasan,” ujar Prabowo.

Salah satu prioritas kerja sama pertahanan Indonesia dan Singapura itu ialah di bidang pendidikan. Kemhan akan mengembangkan kerja sama yang lebih intensif.

Sementara itu, akan segera dibentuk forum tahunan komite kerja sama pertahanan RISingapura, di mana sub-komite militer akan menjadi bagian di dalamnya.

Angkatan bersenjata kedua negara diharapkan dapat menggunakan forum itu untuk membahas lebih lanjut kerja sama militer di berbagai bidang dan kemungkinan menciptakan bidang kerja sama baru.

No Comments

    Leave a Reply