Juara Peluncuran Satelit, Dubes Rosan Puji Prestasi Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

June 16, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani,  memuji prestasi Tim Bamantara EEPISAT Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yang diraih pada ajang American Astronautical Society Student CanSat Competition.

Tim  dari mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya tampil sebagai juara dua pada kompetisi   rancang, bangun, dan peluncuran satelit  kedirgantaraan (aerospace) di Blackburg, Virginia, AS, pada  11 Juni 2023.

“Saya  senang  mendengar langsung kisah dari Tim  EEPISAT Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang menjadi juara kedua CanSat Competition Virginia Tech, 8 – 11 Juni 2023,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Ia mengatakan kelima mahasiswa telah menunjukkan kemampuannya merancang Tethered Payload dengan 3D, yang mengintegrasikan beragam hardware menjadi satelit siap luncur.

Pada kompetisi  yang diselenggarakan American Astronautical Society, Tim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya berhasil menyisihkan para peserta dari berbagai negara. Keberhasilan itu sekaligus mengukir sejarah mendapat penghargaan dua tahun berturut-turut. Tahun 2022,  Tim EEPISAT  berada di posisi ketiga dan tahun ini prestasi meningkat menjadi kedua.

“Pencapaian yang sangat luar biasa, membanggakan menjadi juara kedua dari 40 tim dari berbagai negara. Tentu saja, ini berkat kerja keras tim mahasiswa dan dosen pembimbingnya. Ucapan  ini saya sampaikan langsung saat para peserta berkunjung ke KBRI Washington DC,” kata dia.

CanSat Competition merupakan kompetisi berskala internasional di bidang rancang, bangun, dan peluncuran satelit pada bidang kedirgantaraan. CanSat Competition diselenggarakan rutin setiap tahun oleh American Astronautical Society (ASS) bekerja sama dengan United States Naval Research Laboratory, NASA Goddard, Lockheed Martin, Virginia Tech, Siemens, Praxis, Kratos dan NRV Rocketry.

Pada tahun ini,  selain tim dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Indonesia juga mengirimkan tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Salut dan sukses atas kerja keras kalian. Semoga tahun depan dapat berpartisipasi kembali dan meraih juara pertama,” kata Dubes Rosan.

No Comments

    Leave a Reply