Sandiaga Dinilai Punya Banyak Peluang Jadi Cawapres

January 4, 2023

BRIEF.ID – Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dinilai punya banyak peluang untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres  2024.

Ada sejumlah  alasannya untuk menjadikan Sandiaga berlaga pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pertama, Sandiaga saat ini menjabat sebagai menteri. Posisi itu bisa dimanfaatkan untuk menjaga konstituennya.

“Secara jaringan dan logistik, Sandiaga yang saat ini berada di pemerintahan tampaknya masih bisa mengonsolidasikan sel-sel pendukungnya melalui pemenuhan kompensasi, dan skema transaksional,” kata Umam di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Kedua, Sandiaga memiliki kedekatan dengan partai politik (parpol) selain Gerindra, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Umam menilai Sandiaga dan PPP sangat mungkin bekerja sama karena saling membutuhkan.

“Salah satu partai yang didekati Sandiaga adalah PPP, yang saat ini benar-benar membutuhkan dukungan logistik besar untuk mempertahankan eksistensinya sebagai partai Senayan,” ujarnya.

Di sisi lain, Sandiaga membutuhkan PPP sebagai kendaraan politik untuk bergaining position di Pilpres 2024.

Alasan ketiga, Sandiaga tak mungkin menjadi calon presiden (capres) karena partainya telah mengusung Prabowo Subianto.  Sandiaga lebih memungkinkan maju sebagai cawapres. Keputusan itu sekaligus membuatnya punya lebih banyak opsi, bisa tetap bertahan di Gerindra, atau hengkang dan menggunakan parpol lain sebagai jalan.

Namun, Umam mengatakan, jika Sandiaga memilih jalan sebagai cawapres, lebih baik tidak berpasangan dengan Prabowo seperti pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. “Pasangan Prabowo-Sandi sudah tidak relevan untuk Pilpres 2024.  Sebab  narasi anti-pemerintah tidak lagi relevan. Mengingat, keduanya sudah menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi,” kata Umam.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meyakini Sandiaga kian dekat untuk berpindah haluan menjadi kader PPP. Ia mengaku, mendapatkan informasi itu dari sejumlah kader PPP yang duduk di DPR RI.

Namun anggapan Dasco dibantah Sandiaga. Ia secara tegas menyatakan bahwa sampai saat ini masih sebagai kader Partai Gerindra. (Kompas.com)

No Comments

    Leave a Reply