Sandiaga Ajak Pemda Gelar Event Pariwisata Berkualitas Gaet Wisatawan Manca Negara

January 29, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  mengajak pemerintah daerah (Pemda)  aktif menyelenggarakan  event-event   pariwisata berkualitas untuk menggaet wisatawan Nusantara dan manca negara berkunjung ke berbagai daerah di Tanah Air.  

Tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan pariwisata Indonesia, sehingga ditargetkan sebanyak 7,4 juta kunjungan wisatawan manca negara.

“Saya sudah berbicara dengan Pak Mendagri dan   gubernur bahwa jangan sampai kita mengelola anggaran kita ini  tidak memberikan porsi yang cukup untuk event-event  pariwisata yang berkualitas,” kata Sandiaga pada peluncuran Karisma Event Nusantara Festival 2023 di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, yang dipantau secara daring Minggu  (29/1/2023).

Terdapat  enam area aktivasi interaktif pada KEN 2023,  mulai dari pertunjukan seni dan budaya, mini show event, workshop kriya, demo masak, dan pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

KEN Festival 2023 juga dimeriahkan oleh pegiat seni dan seniman musik dari berbagai daerah di antaranya, Aceh Culinary Festival, Banjarmasin Sasirangan Festival, Bogor Street Festival, Festival Babukung, Festival Pacu Jalur, Festival Rujak Uleg, Festival Tabut, Festival Tenun Ulos & Fashion, dan Jember Fashion Carnaval.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Ketua Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman,  dan para bupati/wali kota se Indonesia.

Sandiaga juga secara khusus mengajak kalangan pimpinan  asosiasi melakukan aksi jemput bola dengan mengunjungi   kabupaten,  kota, dan provinsi untuk menawarkan penyelenggaraan event-event berkualitas.

“Seandainya event-event ini bisa dilakukan, sebaiknya jangan semuanya diselenggarakan  di ujung tahun, tapi justru di awal tahun. Karena dengan menggerakkan ekonomi daerah di awal tahun,  kita akan melihat dampak yang lebih baik,” kata Sandiaga.

No Comments

    Leave a Reply