Mahfud: Dakwah Lentur NU Mampu Menyesuaikan Kebutuhan Masyarakat

January 23, 2023

BRIEF.ID – Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan,  dakwah yang lentur dan mampu menyesuaikan kebutuhan masyarakat menjadi kunci bagi Nahdlatul Ulama (NU) untuk  bertahan hingga hampir 100 tahun.

“Selama puluhan tahun, NU berhasil membangun keislaman dan ke-Indonesia-an secara harmonis,” kata Mahfud di sela kegiatan Jalan Sehat 1 Abad Nahdlatul Ulama bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf di Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/12023).

Mahfud mengungkapkan, dakwah yang disampaikan Nahdliyin selalu mendekati budaya, sehingga dapat diterima di kehidupan masyarakat.

“Dakwah NU itu mendekatkan pada apa yang dihayati sebagai budaya masyarakat, kemudian diberikan ruh keislaman. Itu sebabnya NU semakin besar dan diterima dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya.

NU, lanjutnya,  membangun keislaman dan ke-Indonesia-an secara harmonis. Di sisi lain, organisasi tersebut juga memiliki tantangan seiring   munculnya gerakan anti-Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seperti gerakan ideologi transnasional baik liberalisme, kapitalisme, atau islamisme yang ingin dipaksakan ke Indonesia.

“NU adalah salah satu pilar penting berdirinya NKRI. Oleh sebab itu, komitmen NKRI harga mati harus tetap tumbuh di NU dan tetap kuat,” tegas Mahfud.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menegaskan bahwa sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam terbesar, NU harus tetap mengemban semangat ke-Indonesiaan di mana Indonesia dianggap sebagai negara kosmopolit.

“NU sebagai jamiyah itu dinamis, selalu bisa mengikuti perkembangan zaman bahkan perkembangan politik nasional dan ikut menjaganya,” ujar Mahfud. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply