Menteri Erick Buka Suara Soal Rencana Akuisisi KCI

October 29, 2022

BRIEF.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku ada peluang akuisisi atau merger antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Hal itu sudah dibicarakan dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

“Makanya salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan dengan Pak Heru, bisa nggak kita konsolidasi aset pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Contohnya ketika kita bicara transportasi yang ada antara MRT, LRT, Commuter Line, itu kan bisa disinergikan,” kata Erick usai menghadiri HUT Kalla Group di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Ia mengatakan, rencana akuisisi atau merger harus dikaji secara matang karena semua aset-aset itu akan digabungkan sehingga akan memperngaruhi tarif KRL.

Saat ini, lanjutnya, dunia sedang menghadapi perubahan pasokan sehingga pemerintah tidak bisa hanya bermain dari daya beli masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan dari sumber-sumber lainnya.

“Apalagi pertumbuhan ekonomi kita mayoritas dari konsumsi domestik. Kalau kita terus tekan, daya belinya tidak ada. Jadi, harud dihitung secara mendalam,” jelas dia.

No Comments

    Leave a Reply