Arsjad Rasjid  Ajak Tokoh Kunci ASEAN Bangun Soliditas dan Solidaritas  Antarkawasan

January 31, 2023

BRIEF.ID –  Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengajak para tokoh kunci di kawasan ASEAN untuk bersama-sama membangun soliditas dan solidaritas antarkawasan guna mengawal ASEAN sebagai poros global.

Ajakan itu disampaikan Arsjad setelah secara  resmi menerima mandat sebagai Ketua ASEAN  Business Advisory Council (ABAC) 2023 dalam acara pertemuan dan serah terima keketuaan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) dari Ketua Umum Kadin Kamboja, Kith Meng di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (30/1/2023).

“Kamar Dagang dan Industri  Indonesia bakal mengajak  para tokoh kunci  ASEAN untuk membangun soliditas dan solidaritas antarkawasan demi mengawal ASEAN sebagai poros global. Mulai bulan Februari  hingga Juli 2023 saya akan melakukan perjalanan ke semua negara anggota  dan mitra-mitra dialog ASEAN untuk  membahas program prioritas dan menjalin kerja sama, memperluas proses advokasi ke lebih banyak pemimpin dan pejabat pemerintah maupun swasta, serta menggalang dukungan untuk proyek warisan kami,” kata Arsjad di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Negara-negara anggota ASEAN terdiri atas  Brunei Darussalam,  Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina,  Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Arsjad menegaskan, ia juga akan  aktif  mempromosikan perhelatan KTT Keketuaan ASEAN di sejumlah negara. Lawatan ke negara-negara anggota ASEAN juga untuk  memastikan proyek-proyek strategis dari masing-masing negara dapat masuk dalam daftar yang  ditawarkan.

Di sisi lain, pertemuan dengan birokrasi dan perwakilan swasta dari setiap negara anggota memungkinkan adanya advokasi yang lebih jelas terhadap tujuan yang ingin dicapai melalui ABAC 2023.

“Melalui roadshow , kami berharap akan menemukan nada sama atau lebih baik untuk reformasi ekonomi regional. Di bawah kepemimpinan Indonesia ABAC tahun ini, kami berharap bahwa bisnis akan memainkan peran yang lebih kuat untuk memperbaiki integrasi ekonomi regional,” katanya.

Arsjad menambahkan, kepemimpinan ASEAN oleh Indonesia akan membawa babak baru bagaimana keterlibatan dan dukungan penuh swasta atau sektor bisnis terhadap langkah dan kebijakan pemerintah yang ingin memajukan negara-negara kawasan ASEAN yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan.

“Izinkan saya mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menyukseskan Keketuaan ASEAN Indonesia. Yakinlah, kami siap untuk memperjuangkan suara bisnis Anda untuk kemajuan kawasan kita bersama,” tutup dia.

No Comments

    Leave a Reply