Mendag: ASEAN Berpotensi Tingkatkan Investasi dan Perdagangan

January 31, 2023

BRIEF.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, ASEAN memiliki potensi perekonomian yang besar untuk meningkatkan investasi dan perdagangan disaat  perdagangan global mengalami kondisi yang sulit, termasuk perdagangan intra-ASEAN.

Sejak tahun 2008 pertumbuhan intra ASEAN stagnan sejak 2008, yaitu berkisar 21-25%. Padahal, ASEAN memiliki potensi perekonomian yang besar, salah satunya adalah sektor logistik.

“Selain di bidang perdagangan, peningkatan investasi juga penting karena akan menjaga tingkat pertumbuhan dan daya saing di kawasan dan global,” kata Mendag saat menghadiri serah terima Keketuaan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) dari Ketua Umum Kadin Kamboja, Kith Meng kepada Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di  Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kanan) menerima bendera Keketuaan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) 2023 dari Ketua Umum Kadin Kamboja, Kith Meng (kiri) di Jakarta, Senin (30/1/2023).

Mendag mengungkapkan diperlukan langkah-langkah konkret melalui tujuh Prioritas Ekonomi Indonesia 2023, yang dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu pemulihan dan pembangunan kembali, ekonomi digital, dan ekonomi berkelanjutan.

Ia berharap, ABAC Indonesia dapat menjalankan tugas melalui penguatan hubungan dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan. Mendag juga meminta dukungan ABAC, khususnya dalam pencapaian tujuh Prioritas Ekonomi Indonesia di ASEAN dan empat kegiatan unggulan di bawah pilar ekonomi dalam menyukseskan Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun ini.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan,  Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn, Duta Besar Jepang untuk ASEAN  Kiya Masahiko,  Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua ABAC 2023 Arsjad Rasjid,  Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Djatmiko Bris Witjaksono,  Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional  Bernardino  M. Vega, jajaran pengurus Kadin Indonesia, perwakilan  negara-negara sahabat,  dan perwakilan pengusaha  negara-negara  ASEAN.

No Comments

    Leave a Reply