Sah! Kaesang Menikahi Erina

December 10, 2022

BRIEF.ID – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep secara resmi menikahi Erina Gudono di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (10/12/2022).

Kaesang dan Erina resmi menjadi suami dan istri, usai ijab kabul yang dilangsungkan di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Kaesang mengucapkan ijab kabul dengan lancar mengikuti ucapan wali nikah Erina, Allen Adam Gudono.

Kaesang memberikan mahar berupa uang tunai Rp300 ribu, empat batang logam mulia masing-masing dengan berat 10 gram, 12gram, 20gram, dan 22 gram serta dan seperangkat alat salat.

Prosesi akad nikah dipimpin Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, DIY.

Sebagai wali nikah pada pernikahan Erina dan Kaesang adalah Allen Adam Rinaldy Gudono. Allen menggantikan posisi almarhum sang ayah yang telah berpulang pada tahun 2016.

Sedangkan sebagai saksi keluarga Presiden Jokowi adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi keluarga Erina.

Setelah prosesi upacara pasrah tampi, pengantin wanita Erina Gudono tiba di Pendopo Agung Ambbarukmo menggunakan kereta kencana.

Prosesi akad nikah akan berlangsung pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Pada pukul 13.30 WIB akan dilakukan penyerahan mahar dan mas kawin. Selanjutnya, kedua pengantin akan mengenakan cincin pernikahan di tempat khusus.

Selanjutnya, Kaesang dan Erina akan melakukan upacara panggih pengantin, pada sekitar pukul 14.45 hingga 15.30 WIB.

Selama prosesi berlangsung, pasangan pengantin akan mengikuti rangkaian acara, seperti penyerahan pisang sanggahan, kembar mayang, balangan gantal, dan sesuci samparan/ranupada.

Selain itu, Kaesang dan Erina juga akan menjalani prosesi wiji dadi, pengantin menuju pelaminan, bubak kawah rucat degan, tampa kaya, dhahar klimah, methuk besan/besan mertuwi, pengabekten sungkeman, foto di pelaminan hingga bedholan pengantin.

No Comments

    Leave a Reply