Presiden Jokowi: Hati-hati Beri Slot Penerbangan

December 27, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  berhati-hati  memberikan slot penerbangan kepada  maskapai di luar negeri maupun dalam negeri,  meskipun terjadi lonjakan tingkat permintaan hingga 84%.

“Ada permintaan sebanyak 166 slot atau naik 84%.  Bapak Presiden mengarahkan bahwa sekalipun permintaan begitu banyak, lakukan secara hati-hati,” kata Menhub  usai menghadiri rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka,  Jakarta, Senin (26/12/2022).

Presiden Jokowi, lanjut Menhub,  meminta  agar pemberian slot penerbangan  melihat produktivitas yang dapat dihasilkan oleh setiap penambahan slot penerbangan.

“Kalau tidak efisien, jangan terlalu diberikan kesempatan,” kata dia.

Di samping itu, lanjut Menhub, Kementerian Perhubungan juga perlu membenahi sejumlah bandara jika ingin menambah slot penerbangan. Ia  mencontohkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, perlu ada perbaikan agar tidak ada lagi keterlambatan penerbangan, peningkatan kapasitas penumpang, dan lainnya.

“Kami akan koordinasi lebih lanjut arahan bapak Presiden. Oleh karena itu kesimpulan kami tadi dalam pengarahan Presiden dalam masa transisi pandemi ke endemi ini kita harus lakukan dengan baik bahwa layanan kita lakukan di bandara-bandara internasional harus dengan baik,” jelas Menhub.

Permintaan slot tambahan  disampaikan  maskapai asal Qatar, Turki, Filipina, dan Singapura. Sedangkan dari dalam negeri berasal dari Air Asia dan lainnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga mencatat tingkat pemulihan penerbangan domestik pada 2022 sudah mencapai 71%, bahkan di Bandara Soekarno Hatta sudah mencapai 90%. Tingkat pemulihan penerbangan mancanegara pada 2022,   mencapai 33%.

“Kita bandingkan antara penerbangan saat ini dengan 2019, pada dasarnya penerbangan dalam negeri sudah mencapai recovery sebanyak 71%. Ini suatu jumlah yang lumayan baik bahkan pada Bandara Soekarno Hatta sudah mencapai 90 persen,” kata Menhub.

No Comments

    Leave a Reply