Sebanyak 280 Ribu Wisatawan Asing Rayakan Natal dan Tahun Baru di Bali

December 27, 2022

BRIEF.ID – Kepala Kantor  Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Internasional Ngurah Rai Sugito menyatakan, lebih dari 280ribu warga negara asing (WNA) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada periode 1-24 Desember 2022 untuk berlibur merayakan Natal dan Tahun Baru di Pulau Dewata.

Dari jumlah itu,  mayoritas wisatawan berasal dari Australia yaitu sebanyak 67.879 orang, disusul Singapura 30.731 orang, India 27.876 orang, Malaysia 19.490 orang, dan Rusia 14.823 orang.

“Kedatangan WNA melalui TPI Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai saat ini sudah mencapai rata-rata 14.000 orang per hari, dan ada peningkatan jumlah kedatangan saat perayaan Natal dan menjelang Tahun Baru,” kata  Sugito  di Denpasar, Bali, Senin (26/12/2022).

Ia mengatakan, kunjungan WNA ke Bali  menjadi  kabar baik bagi pemulihan industri pariwisata  di Pulau Dewata yang sempat terpuruk saat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Bali, terutama sejak kembali dibukanya Bandara Ngurah Rai untuk penerbangan internasional pada Februari 2022, yang disertai dengan kebijakan keimigrasian seperti Visa on Arrival (VoA), dan (layanan) bebas visa kunjungan (BVK). Jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali terus meningkat,” kata dia.

Sementara itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali dalam catatan akhir tahunnya mencatat sepanjang 2022 ada 1.832.071 WNA yang melintas di loket pemeriksaan Imigrasi, Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Di Terminal Keberangkatan, ada 1.770.444 WNA yang melintas di loket pemeriksaan Imigrasi sebelum meninggalkan Bali.

Kunjungan WNA di Bali sepanjang tahun 2022 tidak sepenuhnya untuk keperluan wisata, mengingat Pulau Dewata menjadi tuan rumah berbagai konferensi internasional, dan rangkaian acara G20,

termasuk acara puncaknya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022.

KTT G20  dihadiri  para kepala negara dan kepala pemerintahan, antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam  menjaga momentum itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu menyampaikan pihaknya, termasuk Imigrasi Ngurah Rai  terus mengoptimalkan berbagai kebijakan keimigrasian yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Termasuk kebijakan keimigrasian yang mendukung pemulihan sektor pariwisata,” kata Anggiat.

No Comments

    Leave a Reply