Presiden Jokowi Berencana Buka Rute Penerbangan Baru Indonesia-Vietnam

December 22, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rencana Pemerintah Indonesia untuk membuka  rute penerbangan baru yang menghubungkan antara Indonesia dan Vietnam, yaitu  dari Da Nang ke Denpasar dan Ho Chi Minh ke Jakarta.

Pembukaan rute baru sekaligus merevitalisasi jalur penerbangan yang telah dibuka sebelumnya.

“Rute penerbangan langsung antara pusat-pusat bisnis dan pariwisata kedua negara harus direvitalisasi. Maskapai dari kedua negara diharapkan dapat memfinalisasi rencana rute

penerbangan baru dari Da Nang ke Denpasar dan Ho Chi Minh – Jakarta maupun penambahan rute penerbangan Jakarta – Ho Chi Minh City,” kata Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyễn Xuân Phúc di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Presiden Jokowi mengatakan seiring berbagai kemajuan, Pemerintah Indonesia akan  merevitalisasi jalur lalu lintas barang dan wisatawan yang menghubungkan antara Indonesia dan Vietnam.

“Kita harus segera mengembalikan arus lalu lintas barang dan wisatawan seperti masa prapandemi,” kata Presiden Jokowi.

Pada pertemuan itu, Pemerintah Indonesia dan Vietnam juga menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama energi dan sumber daya mineral, kerja sama penanggulangan terorisme, dan kerja sama pemberantasan perdagangan ilegal narkotika.

“Saya berharap kerja sama perikanan dan pemberantasan ‘illegal fishing’ dapat diperkuat melalui percepatan finalisasi MoU kerja sama kelautan dan perikanan,” jelas Presiden Jokowi.

Kedua pemimpin juga membahas beberapa isu kawasan, khususnya keketuaan Indonesia ASEAN Tahun 2023.

“Prioritas Keketuaan Indonesia ASEAN Tahun 2023 adalah menekankan peran sentral ASEAN dalam menjaga stabilitas dan perdamaian kawasan dan peran sentral ASEAN untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: