KSP Siap Kawal 5 Agenda Prioritas Pemerintah

December 27, 2022

BRIEF.ID – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan Kantor Staf Presiden siap mengawal lima agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada tahun 2023.

Kelima agenda prioritas Presiden Jokowi terdiri atas, pertama  hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam.

Kedua,  optimalisasi sumber energi bersih dan peningkatan ekonomi hijau,  peningkatan perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomi untuk rakyat.

Ketiga  melanjutkan digitalisasi ekonomi agar UMKM Indonesia segera naik kelas.

Keempat keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kelima  Program Strategis Nasional.

“KSP akan mengawal dan memastikan bahwa agenda prioritas dan kebijakan Presiden tidak hanya terkirim, tapi sampai dengan baik ke tingkat bawah,” kata Moeldoko pada acara Catatan Akhir dan Awal Tahun KSP, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Moeldoko menyatakan, sepanjang tahun 2022 Kantor Staf Presiden telah melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Presiden Jokowi, yakni mengawal program prioritas nasional dan program strategis nasional (PSN).

Meskipun menghadapi situasi cukup sulit pada 2021-2022, lanjut Moeldoko, Kantor Staf Presiden bisa bekerja dengan baik.

“Saya juga telah mendapat perintah untuk memetakan dari sekian banyak program strategis nasional itu kondisinya seperti apa. Saya ingin meletakkan bagaimana PSN dari 53 yang kita kenal sekarang terakhir seperti apa? Bendungan seperti apa? Jalan tol seperti apa? Kereta api seperti apa?  Kami juga mengelola isu-isu strategis agar situasi kondusif,” jelas dia.

Pada kesempatan itu Moeldoko juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023 dunia akan menghadapi kondisi yang penuh gejolak,  ketidakpastian,  kompleks, dan ambigu, di mana situasi itu akan bergerak dinamis dan sulit diprediksi.

Namun dengan memahami kondisi yang kompleks, sambung dia, Indonesia diharapkan dapat membentuk strategi manajemen krisis yang tepat untuk memastikan bahwa semua tujuan bisa tercapai. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply