Erick Thohir: PSSI Dibongkar Total

December 4, 2022

BRIEF.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan, organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)  harus dibongkar total untuk menciptakan iklim sepak bola Indonesia yang lebih baik dan meningkatkan prestasi Tim Nasional (Timnas).

“Bongkar total bukan berarti saya menyalahkan siapapun. Tidak. Tapi bagaimana kita menciptakan Timnas yang lebih baik, liga yang lebih baik,  semuanya harus transparan, dan dikelola secara baik,” kata Erick di Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

Sejumlah pihak  menginginkan Erick maju dalam bursa calon ketua umum PSSI. Erick yang juga  anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC)  tidak menolak maupun secara terang-terangan menyatakan bersedia maju dalam pencalonan.

Ia hanya mengatakan akan mempertimbangkan usulan itu apabila mendapat banyak dukungan dari para voters atau anggota PSSI.

“PSSI harus merapatkan barisan untuk menciptakan liga yang lebih baik dan Timnas yang berprestasi.  Kita mesti bongkar. Itu artinya bongkar kultur, manajemen, sponsorship, dan media,” tegas dia.

Mantan Presiden Inter Milan itu juga menyinggung terkait banyaknya pemain naturalisasi di dalam klub sepak bola Indonesia. Padahal seharusnya klub bisa mulai mengasah kemampuan para pemain muda.

Saat ini, lanjutnya,  Jepang dan Korea Selatan  menjadi dua tim sepak bola Asia yang bisa menembus dominasi Eropa dan Amerika Selatan. Bahkan, Timnas dua negara itu mampu menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar karena pembinaan yang dilakukan secara kontinyu selama puluhan tahun, termasuk  memberikan kesempatan kepada para pemain muda bermain lebih banyak bersama klub.

“Bagaimana kita mau punya Timnas yang bagus, tapi fasilitas lapangan, latihan belum maksimal. Kompetisi untuk pemain muda tidak maksimal, kebanyakan naturalisasi. Saya bukan tidak suka naturalisasi tapi apabila satu klub pemain naturalisasinya banyak bagaimana. Kami tidak menyalahkan klub, tapi kami harus duduk bersama klub, menerapkan strategi agar ada pemain muda, pemain naturalisasi dan pemain asing,” kata dia. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply