Sebanyak 21 Negara Uni Eropa Tertarik Berinvestasi di IKN

December 3, 2022

BRIEF.ID – Kepala Otorita Ibu Kota  Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan,  sebanyak 21 negara di Uni Eropa tertarik  berinvestasi di IKN.

Ia bersama  Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe dan Sekretaris Otorita IKN Jaka Santos telah bertemu para perwakilan 21 negara Uni Eropa.

“Ketertarikan negara-negara Uni Eropa pada pembangunan IKN akan ditindaklanjuti dengan serius supaya harapan pemerintah 80% pembiayaan berasal dari investor terpenuhi,” kata   Bambang  dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Bambang, 21 perwakilan  Uni Eropa,  di antaranya Italia, Polandia, Belgia, Hungaria, Rumania, Swedia, dan negara-negara lainnya.

Sebelumnya,  Pemerintah Finlandia dan Pemerintah Spanyol mengungkapkan  minatnya bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia  dalam pembangunan IKN.   Otorita IKN, lanjutnya,  menyambut baik negara-negara yang ingin bekerja sama membangun Nusantara.

“Sudah ada beberapa negara yang menyatakan ingin bekerja sama seperti Korea Selatan dan Arab Saudi. Kami terbuka bagi investor manapun untuk bekerja sama di sektor tertentu,” jelas Bambang.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun secara masif  infrastruktur dasar di IKN,  mulai dari  Kantor Kepresidenan, Kantor Kementerian, hunian untuk pekerja, dan jalan. Proyek ini  ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Otorita IKN  hingga tahun 2024  fokus pada pengembangan wilayah di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A  menjadi kota layak huni dengan fasilitas lengkap yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

No Comments

    Leave a Reply