Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Berlangsung dari Pagi Sampai Malam

December 11, 2022

BRIEF.ID – Setelah sah menjadi pasangan suami istri, prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilanjutkan dengan adat ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Acara yang berlangsung dari pagi sampai malam itu, akan dimulai dari rumah dinas wali kota Solo, Lodji Gandrung, pada sekitar pukul 07.15 WIB.

Aparat memperketat keamanan di dua lokasi itu, termasuk di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro yang akan dilewati pengantin beserta rombongan, yang berangkat dari Lodji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

Rencananya, di Lodji Gandrung akan diadakan tata cara pasrah panampi boyong temanten, adat gepyokan (adat Jawa), minum air zam-zam, memakainkan kain sindur kepada pengantin sekaligus menuju ke pelaminan.

Selanjutnya, dilakukan tata cara pangabekten/sungkeman, tumplak punjen (adat Jawa), nyebar udik-udik (menabur beras dan uang), serta begalan atau membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga menurut tradisi Jawa.

Setelah prosesi itu selesai, pada sekitar pukul 08.15 WIB, pengantin akan dikirab menggunakan kereta kencana dari Lodji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Kaesang dan Erina memperlihatkan buku nikah setelah melakukan ijab kabul.

Di Pura Mangkunegaran, acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 18.30 WIB.

Pada sesi pertama, setibanya pengantin, orang tua, dan keluarga besar di depan Pendapa Agung Mangkunegaran, pengantin langsung diantar menuju ruang ganti pakaian untuk mempersiapkan kehadirannya pada acara resepsi dan pemberian ucapan selamat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Sofiatun Gudono, dan Allen Adam Gudono beserta rombongan menunggu di ruang transit sambil menikmati rerepan sinom kalajengaken maskumambang dawah gendhing ketawang dan tarian dari Mangkunegaran Jayaningsih.

Pada sesi kedua yang berlangsung pada pukul 18.30 WIB, pasangan pengantin, Kaesang dan Erina didampingi Presiden Jokowi, Ibu Iriana, putra-putri, dan cucu- cucu, serta besan Ibu Sofiatun Gudono didampingi putranya, Allen akan berjalan menuju pendaping mangkunegaran, diiring gending lampah senopati garapan ISI Surakarta.

Setelah doa dan sambutan, acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat namaste.

No Comments

    Leave a Reply