KSAL Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

November 29, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Penunjukan itu tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) usulan Panglima TNI baru yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, pada 28 November 2022.

Alhamdulillah, baru saja kami, pimpinan DPR menerima Mensesneg Bapak Pratikno yang membawa Surpres Panglima TNI,” kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta.

Puan mengatakan, setelah menerima Surpres, DPR segera menindaklanjuti dengan menugaskan Komisi I melakukan mekanisme fit and proper test, pada pekan depan.

Setelah itu, Yudo akan disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna DPR RI, yang akan digelar pada masa sidang II, menjelang masa reses pada 16 November 2022.

Yudo yang lahir di Madiun, Jawa Timur, pada 26 November 1965 menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak 20 Mei 2020. Alumnus Akademi Angkatan Laut Angkatan XXXIII/Tahun 1988 itu akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: